Trik Jitu Memulai Peluang Usaha Jual Kolam Terpal

Trik Jitu Memulai Peluang Usaha Jual Kolam Terpal

Negara Indonesia adalah negara kepulauan yang dikelilingi oleh banyak lautan. Adanya hal tersebut tentunya menjadikan Indonesia memiliki potensi lebih dibidang perikanan.

Hasil dari ikan laut Indonesia terbilang melimpah pada tiap tahunnya. Tak heran, Indonesia sampai masuk dalam deretan negara pengkespor hasil lautan berkualitas tinggi.

Hasil laut yang dikonsumsi sendiri maupun di ekspor memang cukup beragam. Tak hanya hasil ikan lautnya saja, bahkan budidaya ikan kolam terpal saat ini tengah banyak diminati sehingga bisnis jual kolam terpal untuk air tawar juga semakin meningkat.

Namun, pada musim penghujan hasil laut juga akan menurun karena banyak nelayan yang tidak berani melaut. Supaya kebutuhan ikan bisa terpenuhi dengan baik maka budidaya ikan dan jual kolam terpal bisa dijadikan solusi yang tepat.

Untuk jenis ikan tawar yang dihasilkan bisa beragam mulai dari lele, gurame, nila dan masih banyak lagi. Banyaknya permintaan masyarakat tersebut menjadikan budidaya ikan air tawar maupun jual kolam terpal pun semakin banyak diminati.

Dan berikut beberapa alasan yang membuat budidaya ikan terpal selalu mengalami peningkatan.

1. Permintaan Pasar yang Tinggi

Alasan kebanyakan orang melirik bisnis budidaya dan jual kolam terpal dilihat dari gaya hidup masyarakat yang mulai berubah pada tiap waktunya.

Perubahan tersebut terjadi misalnya pada masyarakat yang dulunya gemar mengonsumsi ikan laut. Namun untuk sekarang sudah berbeda karena banyak masyarakat yang gemar untuk mengonsumsi ikan air tawar.

Semakin hari, permintaan akan ikan air tawar pun semakin meningkat dan akhirnya kebanyakan orang pun akan melakukan budidaya ikan tersebut untuk memenuhi kebutuhan pasar.

2. Budidaya Mudah

Walaupun dengan lahan yang tidak begitu luas, anda sudah bisa menjalankan bisnis budidaya dan juga jual kolam terpal yang menjanjikan. Tak hanya itu saja, yang membuat bisnis ini banyak dilirik kebanyakan orang karena perawatannya yang tidak terlalu sulit.

Anda hanya perlu mengontrol kebersihan kolam yang digunakan dan memastikan bahwa makanan yang diberikan berkualitas baik sehingga hasil yang didapatkan bisa berlimpah.

Nah, apabila Anda sedang bepergian pada daerah tertentu tentunya tidak akan sulit untuk bisa menemukan tempat budidaya ikan tawar. Baik yang dikelola dalam kolam, tambak maupun keramba.

3. Bisa Dipanen Berkali-kali

Apabila hasil laut akan menurun seperti sedang musim penghujan, maka lain halnya dengan bisnis budidaya ikan tawar. Ya, bisnis jual kolam terpal tidak mengenal musim sehingga bisa dilakukan kapan saja. Untuk itu, Anda bisa menikmati hasilnya setiap waktu dan biasanya dalam setiap tahunnya budidaya ikan tawar bisa dipanen maksimal 4 kali. Cukup menggiurkan bukan bisnis satu ini?

Untuk jenis ikan yang bisa dibudidayakan pun beragam yang antara lain:

Ikan Lele

Bisa dibilang, jenis ika satu ini memang menjadi primadona untuk masyarakat Indonesia karena mempunyai banyak peminat. Dari kalangan masyarakat kecil, menengah hingga orang kaya memang menyukai lauk satu ini.

Nah, apabila dulu Anda hanya bisa mengonsumsi ikan lele dirumah maupun dipinggir jalan, maka saat ini Anda bisa membudidayakannya sendiri.

Ya, sekarang banyak rumah makan maupun restoran mahal untuk menyediakan menu ikan lele. Biasanya, ikan satu ini disajikan dengan cara digoreng atau dibakar. Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan menu legendaris pecel lele dimana bahan utamanya adalah ikan lele.

Ikan Nila

Selain lele, budidaya ikan dan jual kolam terpal yang menjadi favorit masyarakat yaitu ikan nila. Mungkin ikan satu ini hanya bisa didapatkan di rawa atau sungai, namun seiring dengan berjalannya waktu budidaya ikan nila pun semakin banyak. Hal ini bisa dibuktikan dari banyaknya rumah makan yang menyediakan olahan satu ini.

Ikan Mas

Karena kemajuan dan perkembangan teknologi yang semakin maju, budidaya ikan dan jual kolam terpal pun mulai dilirik oleh banyak pihak. Jenis ikan satu ini telah naik kelas sehingga permintaannya selalu melejit.

Ikan Gurame

Ikan yang mempunyai ciri khas mempunyai daging yang super lembut ini memang menjadi menu andalan pada setiap restoran baik untuk kelas biasa maupun menengah. Tak heran, untuk harganya saja ikan satu bisa mencapai ratusan ribu. Anda bisa mencoba bisnis budidaya ikan gurame karena hasilnya pasti tidak akan mengecewakan.

Keunggulan Kolam Terpal Ikan Dengan Menggunakan Sistem Bioflok

Saat ini, penerapan kolam dengan memanfaatkan terpal menjadi cara yang banyak digunakan oleh pembudidaya ikan. Ya, budidaya ikan untuk jual kolam terpal juga bisa menjadi solusi terbaik bagi Anda yang ingin memulai bisnis satu ini meskipun lahan yang ada hanya terbatas.

Dengan menerapkan kolam terpal dengan sistem Bioflok terbukti sukses dalam menghasilkan panen yang berlimpah.

Sistem Bioflok sendiri merupakan sistem yang digunakan dalam budidaya ikan tanpa harus mengganti air sebagai kelebihannya. Sistem ini terdiri dari berbagai mikroorganisme seperti gumpalan organik, algae, metazo dan protozoa.

Mikroorganisme tersebut berguna untuk membantu dalam mengubah zat-zat yang tidak baik agar diubah menjadi protein yang bermanfaat untuk kesehatan ikan.

Untuk mengetahui keunggulan dalam menggunakan sistem Bioflok, simak ulasannya berikut ini:

1. Hemat Pakan

Salah satu keunggulan dalam melakukan budidaya ikan menggunakan sistem Bioflok yaitu akan hemat pakan. Hal ini dikarenakan mikroorganisme yang tumbuh pada kolam tersebut dapat mengubah kandungan zat-zat menjadi protein, sehingga pakan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.

Itu artinya, sistem ini sangat cocok dilakukan oleh para pemula yang ingin membudidayakan ikan tawar dengan menggunakan modal yang tidak terlalu banyak.

2. Ramah Lingkungan

Dengan menggunakan sistem Bioflok maka Anda tidak perlu repot untuk mengganti airnya, sehingga akan sangat ramah lingkungan. Tak hanya itu saja, bahkan dengan menggunakan sistem Bioflok ini maka air tidak akan cepat berbau juga meninggalkan limbah kotor.

3. Produksi Melimpah

Pada sistem Bioflok maka akan banyak mikroorganisme dan Anda pun tak perlu sering mengganti airnya. Dengan Anda tak sering mengganti airnya, maka resiko kematian ikan pun juga bisa diminimalisir. Dengan begitu, maka produksi ikan Anda akan terus berlimpah.

4. Solusi Pada Lahan Sempit Atau Terbatas

Apalagi Anda tidak mempunyai lahan yang luas, maka budidaya ikan dan jual kolam terpal dengan sistem Bioflok ini bisa dijadikan solusi yang cocok. Jika dengan melakukan budidaya ikan dengan kolam biasa membutuhkan lahan yang besar, maka tidak dengan budidaya dengan media terpal. Bahkan bentuknya juga bisa bervariasi ada yang berbentuk kotak maupun bulat.

5. Hemat Air

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kelebihan sistem Bioflok adalah tidak perlu terlalu sering mengganti air, sehingga akan sangat menghemat penggunaan air itu sendiri. Dengan begitu pengeluaran biaya untuk membayar air bisa ditekan semaksimal mungkin untuk membeli kebutuhan yang lain seperti benih dan terpal.

Dengan mengetahui beberapa point penting mengenai jual kolam terpal di atas, tentunya dapat membantu Anda dalam memulai bisnis budidaya ikan tersebut. Jangan lupa, agar hasilnya panen bisa maksimal selalu jaga kebersihan dan lakukan pemberian pakan secara teratur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *