Jenis, Manfaat dan Harga Ikan Gurame

Ikan gurame termasuk salah satu jenis ikan air tawar. Ikan gurame hidup di perairan yang dalam dan tenang. Memiliki ukuran tubuh yang relatif besar dan panjang.

Ikan gurame cukup mudah dipelihara di air tenang, dapat berkembang biak secara alami, serta harganya relatif mahal.

Di negeri kita Indonesia ini, ikan gurame sudah banyak dibudidayakan di berbagai wilayah nusantara seperti di pulau Jawa, Sumatra, dan Kalimantan.

Ikan ini termasuk dalam jajaran ikan yang diminati dan sangat populer dikenal oleh masyarakat. Rasa dagingnya yang lezat membuat nilai ekonomis menjadi sangat tinggi. Oleh karena itulah banyak orang yang menggeluti bisnis budidaya ikan gurame.

Jenis Jenis Ikan Gurame

Jenis jenis ikan gurame

Apakah kamu tau? Ternyata ikan gurame memiliki beberapa jenis yang berbeda. Ada 8 jenis ikan gurame loh. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Gurame Soang

Ciri ciri gurame soang seperti apa? Bentuk tubuhnya pipih memanjang dengan warna kombinasi putih dan hitam, warna bagian ekor kemerahan. Dahi yang menonjol ke atas seperti kepala angsa yang dalam bahasa sundanya adalah saong.

Oleh sebab itulah gurame ini disebut ikan gurame saong. Berasal dari Jawa Barat terutama Ciamis.

Ukuran gurame soang bisa mencapai sepanjang 65cm dengan berat hingga 8kg.

2. Gurame Jepun

Jenis ini lebih dikenal di Jawa Tengah, sudah populer bahwa jenis gurame ini diperkirakan merupakan gurame asli Jawa Tengah.

Ciri cirinya bagian atas tubuhnya memiliki warna hitam pekat, dan sisik yang berwarna putih dengan garis garis gelap sehingga terlihat keabu-abuan.

Ukuran gurame jenis jepun ini yakni mencapai panjang sekitar 45cm dengan bobot sekitar 3,5-4kg.

3. Gurame Paris

Gurame paris memiliki ciri ciri yang menonjol yakni tubuhnya yang berwarna oranye. Berat satu ikan gurame paris bisa mencapai sekitar 1,5kg.

4. Gurame Bastar

Ciri ciri gurame bastar yakni memiliki warna abu-abu kehitaman dan juga berwarna putih di bagian kepalanya dan juga memiliki sisik lebar. Gurame bastar memiliki kelebihan pertumbuhan yang cepat.

5. Gurame Kapas

Jenis gurame kapas adalah berwarna putih keperakan seperti warna kapas. Memiliki sisik yang lebar dan kasar. Gurame kapas dapat tumbuh cukup cepat hingga berbobot mencapai 1,5kg per ekor.

6. Gurame Bluesafir

Gurami bluesafir memiliki ciri ciri warna hitam kemerahan. Gurame jenis ini dapat mencapai berat 4kg dengan panjang maksimal sekitar 35cm per ekornya.

Oleh orang tertentu, gurami bluesafir ini biasanya juga dijadikan hiasan ikan akuarium.

7. Gurame Porselin

Ciri ciri gurame porselin yakni memiliki tubuh yang berwarna merah muda cerah dengan bagian bawahnya yang warna putih. Ukuran kepala gurame ini relatif kecil dengan pertumbuhan yang cukup cepat. Beratnya bisa mencapai mencapai 2 kg per ekor.

8. Gurame Batu

Jenis gurame batu ini memiliki warna hitam merata dengan sisik kasar. Pertumbuhan ikan gurame batu tergolong lambat. Di umur setahun bobot ikan pada umumnya hanya mencapai 0,5kg dengan ukuran yang kurang besar. Sehingga jenis ikan gurame ini kurang diminati untuk budidaya ikan gurame.

Manfaat Ikan Gurame

Selain cita rasanya yang lezat, ikan gurame juga memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi ikan gurame sangat baik bagi tubuh manusia.

Ikan gurame memiliki kandungan protein sebanyak 19%. Nilai ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ikan lainya seperti ikan lele, ikan nila dan lainnya.

Selain protein, gurame juga memiliki kandungan lain yakni lemak sebesar 2,2%. Tidak hanya itu, gurame juga memiliki kandungan nutrisi lainya seperti vitamin, zat makronutrien dan mikronutrien lainnya.

Jadi, apa saja manfaat ikan gurame bagi tubuh? mari simak ulasan berikut ini!

1. Baik Untuk Kesehatan Mata

Ikan gurami yang dikonsumsi secara rutin akan memberikan manfaat untuk kesehatan mata. Hal ini karena ikan gurami juga kandungan vitamin A yang berkhasiat menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit pada mata, seperti rabun dan katarak.

2. Membantu Perkembangan Otak

Gurame memiliki kandungan asam lemak omega 3 memiliki fungsi sangat baik untuk perkembangan sel otak manusi, terutama usia anak-anak.

Telah ada penelitian yang membuktikan bahwa seorang anak yang secara rutin mengkonsumsi nutrisi minyak ikan atau asam lemak akan mampu memicu perkembangan sel otak dan kecerdasanya.

3. Membantu Pertumbuhan Otot

Kandungan protein yang ada pada ikan gurame juga berperan penting dalam pembentukan otot. Apalagi untuk usia anak-anak, jika rutin mengkonsumsi ikan gurame maka akan sangat membantu tumbuh kembang anak.

4. Baik Untuk Kesehatan Kulit

Selain untuk membantu pertumbuhan otot, Kandungan protein ikan gurame dapat berfungsi juga untuk membantu meregenerasi kulit, sehingga akan menjaga kulit tetap sehat dan halus.

5. Sumber Energi

Kandungan asam amino esensial ikan gurame dapat berfungsi sebagai energi pengganti dari bagian tubuh yang mengalami kerusakan. Dan menjadi sumber energi bagi tubuh selain kerbohidrat dan lemak.

6. Mempercepat Penyembuhan Luka

Mengkonsumsi ikan gurami juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Hal ini karena kandungan protein ikan gurame yang akan digunakan tubuh sebagai unsur fibrinogen & tromboplastin.

Jika terjadi luka pada tubuh, kedua unsur tersebut yang berfungsi membantu mempercepat pembekuan darah dan pembentukan jaringan baru menggantikan jaringan yang rusak.

Harga Ikan Gurame

Harga ikan gurame

Tentu masih ada yang bertanya 1 kg ikan gurame berapa ekor? itu ya tergantung dari ukuran besar kecilnya gurame saat dipanen.

Harga ikan gurame konsumsi

Beriktu ini adalah daftar harga ikan gurame terbaru untuk ukuran siap konsumsi. Daftar ini adalah harga ikan gurame per kg berdasarkan wilayah.

WilayahHarga/Kg
DKI JakartaRp 47.500.
BodetabekRp 50.000.
BandungRp 55.000.
Jawa BaratRp 48.000.
Jawa TengahRp 45.000.
Jawa TimurRp 55.000.
YogyakartaRp 45.000.
BaliRp 55.000.
AcehRp 53.500.
LampungRp 54.000.
RiauRp 55.500
Sumatra UtaraRp 55.000
Sumatra SelatanRp 54.000
Kalimantan BaratRp 56.000
Kalimantan TimurRp 55.000
Sulawesi UtaraRp 56.000

Harga bibit ikan gurame

bibit ikan gurame

Lalu apa kabar harga bibit ikan gurame? yuk simak tabel daftar harganya berikut ini.

UkuranHarga / EkorIsi / Box
Telur2760.000 ekor
2-3 cm1356.000 ekor
3-4 cm1505.000 ekor
3-5 cm1754.000 ekor
4-6 cm2003.000 ekor
5-7 cm3252.000 ekor
Jempol5001.200 ekor

Namun perlu dicatat, daftar harga ikan gurame konsumsi dan juga bibit/benih ikan gurame tersebut masih sangat mungkin berubah sesuai dengan kondisi. Namanya juga jual beli, pasti ada kondisi dimana harga naik ataupun turun.


Demikianlah pembahasan mengenai jenis jenis ikan gurame, manfaat ikan gurame, dan juga daftar harga ikan gurame.

Semoga bermanfaat!

terima kasih

2 Comments

  1. Baru tau ternyata gurama banyak jenisnya ya.. Heheh. Saya punya kolam ikan di rumah, salah satu isi ikannya gurame dan nila.. Tapi nggak tau jenis gurame yang mana? Kalau lihat dari ciri-cirinya sepertinya Gurame Jepun

  2. […] juga situ menjadikan cocok untuk dibudidayakan. Dan alasan yang paling utama biasanya adalah karena harga ikan gurame yang sangat menggiurkan untuk dijadikan […]

Leave a Reply