Jenis Ikan Guppy Eksotis Incaran Para Kolektor

Mau tau jenis ikan guppy yang populer menjadi incaran para kolektor ikan hias? ini rekomendasi yang cocok dipelihara untuk mempercantik kolam akuarium kamu.


Salah satu jenis ikan hias yang berukuran kecil ini biasa disebut juga Millionfish / Gupi / Gapi. Ikan Guppy termasuk ke dalam anggota suku Poecilidae. Bagi kalangan pecinta ikan hias sudah terbilang populer menjadi ikan yang diminati.

Memiliki bentuk dan ukuran yang mirip dengan ikan cupang, namun sebenarnya berbeda. Tubuhnya mungil dengan ekor dan sirip yang menjuntai dengan corak warna yang indah. Banyak orang memeliharanya dalam aquarium.

Saat ini sudah banyak penghobi ikan hias yang membudidaya ikan guppy. Ikan ini dibudidaya karena proses perkawinan dan perkembang biakannya tergolong cepat dan mudah. Perawatan dan pakanya pun cukup mudah.

Disisi lain permintaan akan ikan guppy dipasaran juga relatif banyak karena harga ikan guppy yang lebih murah jika dibandingkan ikan cupang maupun ikan hias lainnya. Meskipun demikian, ada juga jenis yang dibanderol dengan harga ikan guppy termahal. Seperti Green Red Dragon misalnya, harganya bisa mencapai nilai jutaan rupiah.

Ya, bagi orang yang sudah mengenal istilah “HOBI” tentu akan rela mengeluarkan biaya yang mahal sekalipun untuk memenuhi hasrat hobinya tersebut.

Penasaran dengan jenis-jenis ikan guppy yang banyak diminati oleh para kolektor ikan hias. Yuk simak sampai akhir, karena kami akan memberikan informasinya lengkap untuk kamu. Dilansir dari situs tokopedia.com berikut ini adalah jenis ikan guppy yang terpopuler.

1. Blue Moscow

Ikan Guppy Blue Moscow
image:facebook\Guppy Asia

Jenis guppy yang satu memiliki habitat asli di Moscow sesuai dengan namanya. Memiliki keindahan corak warna biru yang cantik nan indah. Gradasi warna dari biru tua dibagian pinggir tubuh dan biru muda dibagian tengahnya mebuat ikan ini terlihat sangat eksotis.

Ekornya yang seperti kipas dengan sirip yang menjuntai memperlihatkan kegagahan blue moscow. Karena itulah banyak kolektor yang memburu ikan guppy jenis blue moscow ini.

2. Black Moscow

BLACK MOSCOW GUPPY
image:facebook\Guppy fish malaysia

Masih jenis guppy yang berasal dari Moscow juga. Black moscow ini memiliki ciri-ciri warna full hitam pekat dan terlihat doff. Membuat penampilannya sangat gagah, kontras dan sangat elegan disandingkan dengan ikan hias lainnya.

Etapi, ada juga loh jenis black moscow yang habitat asalnya dari Thailand. Ya sama-sama ikan guppy cuma asalnya saja yang berbeda. Mau yang manapun tetep bisa menjadi rekomendasi pilihan jenis ikan hias untuk menambah koleksimu.

3. Blue Japan

Blue Japan Guppy
image:facebook\Guppy Fish Community

Sesuai namanya ya, jenis yang satu ini populasi asalnya adalah dari Jepang. Memiliki corak warna biru muda yang cerah. Kini sudah banyak variasi perpaduan warna hasil persilangan dengan jenis guppy lainnya.

4. Green Red Dragon

Jenis guppy selanjutnya yang menjadi rekomendasi untuk dipelihara adalah green red dragon. Perpaduan warna yang sangat keren dengan corak bintik-bintik pada tubuh, ekor dan siripnya.

Green red dragon memiliki bentuk sirip melebar ke samping, bentuk ini dikenal dengan sebutan ekor delta. Karena itulah, jenis ini bisa dibilang memperlihatkan penampilan yang gagah dari seekor ikan guppy.

Dan… ikan ini memiliki harga yang cukup fantastis hingga jutaan rupiah. WOW banget kan.

5. Platinum Half Moon

Platinum Dragon Red Half Moon
image:facebook\Aquarium Talks

Jenis guppy selanjutnya adalah platinum half moon. Ciri-ciri jenis yang satu ini terlihat pada ekor dan sirip yang sangat lebar dan menjuntai, menyerupai bentuk setengah bulan. Itulah mengapa ada kata half moon pada namanya.

Platinum half-moon ini juga tergolong salah satu jenis ikan guppy termahal selain red dragon. Harganya bisa mencapai $50 lebih.

Cocok banget lah untuk menambah koleksi ikan hias akuarium di rumah kamu.

6. Metal Red Lace Thailand

Metal Red Lace Thailand Guppies
image:facebook\Warachord Guppy Breeder Thailand

Yang berasal dari Thailan juga tidak kalah pamor. Namanya guppy Metal red lace thailand. Jenis ini memiliki ciri-ciri pola garis padat seperti macan pada bagian tubuh hingga siripnya.

Terlihat gagah dan garang namun tetap eksotis. Jangan sampai kamu tidak memiliki jenis yang satu ini ya.

7. Albino Metal Yellow Lace

Albino Metal Yellow Lace Guppy
image:facebook\Singapore Fancy Guppy Group

Hampir sama dengan Metal Red Lace. Hanya pada perpaduan warna yang membedakannya. Albino Metal Yellow Lace memiliki kecenderungan warna kuning keemasan dan albino.

Yang cantik-cantik si pasti suka jenis guppi yang ini. Mau kan? pasti akuarium kamu jadi lebih berwarna deh ditambahin guppy cantik ini.

8. Super Red Singapore

Super Red Singapore
image:facebook\Singapore Fancy Guppy Group

Ada yang full warna black, ada juga yang full warna merah. Yess, dari namanya saja sudah sangat terlihat ya. Super Red Singapore ini berasal dari habitat aslinya di Singapore. Ciri-ciri paling mencolok ya warna tubuhnya yang full merah cerah.

Kalo di taruh di akuarium dengan ikan hias lainnya pasti kontras banget. Tambah keren dan indah deh akuarium kamu.

9. Red Mozaic

Red Mozaic Guppy
image:facebook\Lizarazu Guppy

Nah, jenis yang satu ini tergolong mudah ditemukan di Indonesia jika dibandingkan dengan yang lainnya di atas. Red mozaic memiliki ciri khas warna merah pada ekornya dengan corak bintik-bintik kehitaman. Tubuhnya berwarna biru cerah sehingga menjadikan ikan ini sungguh eksotis.

Yakin kamu nggak mau mengkoleksi red mosaic?

10. Cherry Grass

Cherry Pink Grass Guppy
image:facebook\Magic Guppy

Jenis yang terakhir yang masuk ke daftar pilihan ikantawar.com adalah jenis guppy dengan nama Cherry Grass. Ada beberapa corak warnanya yang sudah ada dari hasil budidaya. Ada blue grass, ada red grass, ada juga cherry pink grass. Namun rasa-rasanya kamu perlu bersabar dulu karena Cherry Pink Grass Guppy masih tergolong sulit ditemukan di Indonesia.


PENUTUP

Ikan guppy menjadi salah satu ikan hias yang banyak peminat dan penggemarnya. Baik dikalangan kolektor/ penghobi maupun orang biasa. Sebenarnya jeni ikan guppy dapat dibagi ke dalam dua kelas yakni kelas bentuk ekor dan kelas warna. Namun kini penggemar ikan guppy lebih favorit untuk dikategorikan berdasarkan warna.

Demikian rangkuman dan ulasan mengenai jenis jenis ikan guppy yang populer. Semoga menambah wawasan bagi para pembaca.

terima kasih.

Leave a Comment