Ikan Yang Mudah Dipelihara Di Kolam

Memelihara ikan di kolam bisa menjadi kegiatan yang sangat mengasyikkan. Bagi yang sudah punya pekerjaan rutin, memiliki sebuah kolam yang diisi ikan bisa menjadi hiburan yang memiliki banyak manfaat. Jika berisi ikan konsumsi maka kapanpun saat menginginkan bisa dipancing untuk dijadikan lauk makan sehari-hari. Disisi lain saat panen ikan dari kolam yang dimiliki, jika dijual tentu menjadi sebuah penghasilan uang tambahan yang lumayan.

Memelihara ikan dikolam bisa dibilang ada yang mudah dan ada juga yang sulit. Susah susah gampang gitu lah. Tergantung dari jenis ikan apa yang dipelihara, baik itu ikan konsumsi maupun ikan hias air tawar.

Pandai-pandai dalam memilih jenis ikan untuk mengisi kolam yang kita miliki ya. Sesuaikan dengan kondisi kolamnya dan juga kondisi diri kamu “apakah memiliki banyak waktu luang untuk mengurus kolam atau tidak?.

Yap, banyak faktor yang sebaiknya diperhitungkan saat membuat pilihan jenis ikan yang akan diperlihara di kolam, seperti jenis kolamnya, luas kolamnya, anggaran untuk beli pakan, dan waktu yang dimilki untuk mengurus dan merawat kolam tersebut.

Lalu apa tujuan yang ingin dicapai dari pembuatan kolam tersebut juga akan menentukan jenis ikan bisa dipilih. Misal untuk kolam ikan hias, atau kolam untuk budidaya ikan konsumsi.

Pada artikel kali ini ikantawar.com akan menginformasikan beberapa rekomendasi ikan air tawar yang tergolong mudah untuk diperlihara di kolam.

Ikan Hias Yang Mudah Dipelihara di Kolam

Ikan hias pada umumnya lebih cantik dipelihara di aquarium. Namun, tidak sedikit juga yang memiliki kolam di depan maupun di sekitar rumah yang diisi dengan ikan hias untuk menambar dekorasi halaman rumah.

Berikut ini rekomendasi ikan hias yang mudah dipelihara di kolam halaman rumah.

1. Ikan Koi

Memilih Indukan Ikan Koi
Memilih Indukan Ikan Koi

Ikan dengan nama latin Cyprinus Carpio ini sudah sangat tenar di seluruh dunia. Di indonesia sendiri sudah banyak pelaku budidaya ikan koi. Memiliki corak warna yang cantik, ikan koi begitu banyak digemari untuk dipelihara sebagai ikan hias. Selain karena keindahan bentuk dan corak warnanya, ikan ini juga tergolong ikan hias yang mudah dipelihara. Sanggup bertahan hidup di perairan jernih maupun keruh. Biaya pemeliharannya juga tergolong wajar, tidak terlalu besar.

2. Ikan Komet

Ikan Komet

Ikan yang habitat asalnya berasal dari Jepang ini masuk ke Indonesia pada tahun 70-an. Masih sodaraan dengan ikan koi dan ikan mas koki. Memiliki corak warna yang cantik seperti ikan koi, perpaduan warna merah dan putih mengkilap membuatnya terlihat sangat cantik dengan dirip dan ekor yang panjang dan melebar. Tak hanya untuk sebagai ikan hias di aquarium saja, ikan komet juga cocok untuk di pelihara di kolam halaman rumah.

Ikan komet termasuk ikan yang mudah dipelihara dan tidak rewel, mampu bertahan dan hidup meskipun dalam kondisi air keruh. Namun ikan ini merupakan ikan yang bisa dibilang rakus. Ia mau memakan makanan apapun seperti jentik nyamuk, roti tawar hingga pelet.

3. Ikan Gurame Padang

Ikan Gurame Padang Hias

Ikan gurame pada umumnya dibudidayakan sebagai ikan air tawar konsumsi. Namun berbeda dengan ikan gurame padang atau yang sering disebut juga gurame albino. Ikan ini lebih diminati sebagai ikan hias kolam maupun akuarium karena bentuk dan warnanya yang unik.

Ikan gurame padang ini cukup mudah untuk dipelihara di kolam karena termasuk dalam kelompok ikan yang bisa memakan apa saja (omnivora). Pemberian makan yang mudah, bisa menggunakan dedaunan dan juga pelet.

4. Ikan Sapu-sapu

Ikan Sapu-sapu

Ikan ini cukup populer di kalangan penghobi ikan hias, baik di akuarium maupun di kolam. Namun sebetulnya Ikan sapu-sapu tidak termasuk sebagai ikan hias. Ikan ini adalah jenis ikan omnivora oportunistik, yang memakan alga, lumut, tanaman, invertebrate, dan juga ikan kecil.

Ikan ini biasanya dipelihara sebagai pelengkap karena kemampuannya yang dapat membersihkan lingkungan kolam. Karena itulah ikan sapu sapu juga dikenal dengan ikan pembersih karena digunakan sebagai salah satu pembersih alami kolam.

Ikan Air Tawar Konsumsi Yang Mudah Dipelihara

Selanjutnya adalah info ikan yang gampang dipelihara di kolam air tawar untuk konsumsi. Permintaan pasar akan ikan air tawar untuk konsumsi memang sangatlah tinggi. Tentu saja karena ikan memang menjadi salah satu makanan bergizi yang sangat baik untuk tubuh. Disamping itu ikan juga merupakan lauk yang sangat mengugah selera makan manusia.

Berikut ini daftar ikan yang mudah dipelihara di kolam air tawar untuk budidaya ikan air tawar konsumsi.

1. Ikan Nila / Mujair

Ikan Mujair

Ikan nila dan mujair merupakan jenis ikan yang mirip namun sebenarnya berbeda. Ikan ini memiliki sifat yang cepat beradaptasi dan cenderung mudah berkembang biak.

Ikan mujair termasuk ikan yang bandel, memiliki toleransi tinggi terhadap kadar garam dalam air sehingga masih dapat bertahan hidup sekalipun berada di air payau. Mereka juga dapat hidup di air dengan kandungan oksigen terbatas.

Tempat hidup yang ideal untuk meraka adalah di perairan tenang seperti danau, sungai, bendungan dan kolam air tawar.

Makanan ikan ini juga tergolong mudah, seperti alga dan plankton, cacing, dedaunan dan juga pelet.

2. Ikan Lele

Foto ikan lele

ikan lele adalah salah satu jenis ikan yang tergolong mudah dipelihara. Ikan lele dapat hidup dalam kondisi air apapun, termasuk dalam kolam tanah maupun kolam terpal. Namun, bukan berarti kualitas air yang dipakai bisa diabaikan begitu saja. Jika kita memperhatikan kualitas air dalam kolam tentu semakin baik pula untuk tumbuh kembangnya ikan lele.

3. Gurame

Ikan Gurame Kolam

Ikan gurame termasuk ikan yang cukup mudah dipelihara. Dapat hidup di air yang tenang seperti kolam. Dapat berkembang biak secara alami. Ikan gurame juga dapat hidup cukup lama dan juga laju pertumbuhannya cukup lambat. Jika untuk keperluan peliharaan sampingan untuk konsumsi sendiri, memelihara ikan gurame dalam kolam tidak perlu perawatan khusus. Cukup memberikan makan secara teratur dan menjaga kualitas air agar tidak terkena penyakit.

4. Patin

ikan patin

Memelihara ikan patin dalam kolam tidaklah rumit. Ikan patin tergolong ikan yang mampu bertahan pada air dengan kondisi yang jelek sekalipun. Walaupun begitu, ikan ini lebih suka hidup pada kondisi perairan yang baik baik.


Nah, demikianlah ulasan mengenai jenis jenis ikan air tawar yang cukup mudah untuk dipelihara di kolam. Sebetulnya masih banyak jenis ikan lainnya yang juga mudah untuk dipelihara. Kamu bisa coba memelihara salah satu jenis ikan yang sudah kami sebutkan di atas.

Jika kamu memiliki referensi lainnya, kamu bisa bantu kami menambahkan daftar ikan air tawar yang mudah untuk dipelihara melalui kolom komentar dibawah artikel ini.

Terima kasih.

Leave a Reply