11 Ikan Hias Kecil Harga Murah yang Mempesona

Akuarium / aquascape kamu mau diisi ikan hias kecil murah yang cantik? Ini 11 rekomendasi ikan hias air tawa kecil dengan harga murah mulai dari 500 rupiah saja.

Memiliki akuarium yang berisi ikan hias bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menambah dan mempercantik dekorasi sebuah ruangan di rumah. Tidak harus yang berukuran besar, ukuran kecilpun tak masalah, disesuaikan saja dengan ukuran ruangannya.

Dengan ukuran akuarium yang tidak besar seperti kolam, maka kebutuhan airnya tidak terlalu banyak sehingga cara perawatannya pun jadi lebih mudah bisa dilakukan oleh siapa saja.

Di sisi lain, memelihara ikan hias dirumah bisa menjadi kegiatan yang positif untuk mengisi waktu luang. Bahkan bisa jadi sebuah hobi yang menyenangkan hingga menghasilkan rupiah jika mampu menjadikannya sebagai lahan bisnis.

Banyak sekali jenis ikan hias yang menjadi pilihan untuk dipelihara sebagai penghias akuarium yang cantik. Namun pada artikel kali ini ikantawar.com akan sedikit lebih fokus untuk membahas jenis ikan hias air tawar yang berukuran kecil yang cantik dan juga yang murah harganya.

Yuk simak, ini dia rekomendasi ikan hias kecil air tawar yang cantik dan murah:

1. Ikan Mas Koki / Goldfish

Harga mulai dari Rp 5 ribuan- 100 ribuan.

Ikan hias kecil goldfish
Goldfish di akuarium, image:instagram\@nl.ll

Ikan mas atau juga dikenal dengan goldfish ini banyak digemari oleh para pemula. Goldfish banyak diminati dan menjadi pilihan karena beberapa faktor, diantaranya adalah kemudahan dalam merawatnya.

Goldfish juga dikenal sebagai ikan yang ramah dan dapat berbaur dengan baik jika dijadikan satu dengan ikan hias lainnya dalam sebuah akuarium.

Ikan ini tergolong sangat mudah ditemui di Indonesia. Gampang kalau mau nyari ikan ini di pasar ikan hias. Banyak ragam tampilan, corak dan perpaduan warna yang cantik. Harganyapun tergolong murah, sangat variatif berkisar dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Untuk itulah goldfish ini menjadi rekomendasi yang tepat bagi siapa saja yang menginginkan untuk memelihara ikan hias di kolam kaca atau akuarium di rumah.

2. Ikan Cupang

Di pasaran dapat kita temui dengan harga Rp 5 ribuan hingga Jutaan.

Fancy Koi
Fancy Blue White Koi Premium HMPK

Ikan cupang beberapa bulan terakhir ini sedang naik daun. Banyak orang yang mulai tertarik untuk memelihara ikan hias yang satu ini.

Ikan cupang memiliki banyak jenis, bentuknya sangat bervariasi dan corak warnanya yang sangat indah membuat orang sulit untuk memalingkan pandangan dari kecantinkannya. Ikan ini juga tergolong ikan yang sangat bandel, tidak gampang mati, cara merawat ikan cupang juga sangat mudah.

Ikan cupang cocok untuk akuarium kecil dan tidak dicampur dengan ikan hias lainnya karena sifatnya yang cenderung agresif menyerang ikan lain. Nah, Jika ingin tau lebih dalam tentang ikan cupang, silahkan baca di artikel: Mengenal Ikan Cupang.

3. Ikan Guppy

Harga mulai dari Rp 1 ribuan hingga 100 ribuan.

Ikan Hias Guppy
Ikan Hias Guppy, image:facebook\Guppy Friend

Bagi kamu yang ingin mencoba membuat aquascape, ikan guppy ini menjadi rekomendasi untuk menghiasinya. Guppy menjadi ikan hias yang cukup populer di Indonesia.

Banyak yang tertarik dengan ikan ini karena memiliki corak warna yang sangat bervariasi. Tubuhnya kecil dengan sirip berwarna warni. Mirip seperti ikan cupang namun berbeda jenisnya. Oleh karena itulah banyak kolektor yang tertarik untuk mengoleksi ikan ini.

4. Ikan Molly

Harga mulai dari Rp 1 ribuan – 10 ribuan.

Ikan Hias Molly
Ikan Hias Molly, image:facebook\Ra Aglo

Ikan Molly merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari perairan Meksiko. Memiliki ukuran kecil panjang mencapai maksimal 12 cm. Molly termasuk jenis ikan hias yang cukup mudah dipelihara, ia memiliki kemampuan yang baik dalam beradaptasi dengan berbagai kondisi air.

Ada sesuatu yang unik dengan ikan Black Molly yakni ia berkembang biak dengan cara melahirkan, bukan dengan cara bertelur seperti ikan lain.

5. Ikan Neon Tetra

Harga ikan neon tetra berkisar Rp. 1 ribu – 3 ribu.

Ikan hias neon tetra
Ikan hias neon tetra, image:facebook\Igor Porubay

Neon tetra termasuk ikan yang populer di kalangan penggemar ikan hias. Memiliki nama latin Paracheirodon innesi, bentuk tubuhya kecil dengan panjang maksimal 5 cm. Memiliki corak warna yang cantik, seperti bercahaya sehingga dapat terlihat dalam keadaan gelap, boleh lah dibilang glow in the dark.

Ikan ini biasanya dipelihara dalam jumlah yang banyak untuk menambah nuansa keindahan. Selain itu, ikan tetra juga tergolong ikan yang mudah dalam beradaptasi, sehingga sangat cocok jikapun harus dipelihara bersama dengan jenis ikan hias kecil lainnya dalam satu kolam akuarium.

Perawatan ikan tetra ini cukup mudah karena hanya memerlukan air yang bersih. Makanannya juga tidak ada yang khusus, bisa diberi makan pelet ikan yang berukuran kecil.

6. Ikan Zebra

Harganya berkisar Rp 750 – 5 ribuan.

Ikan hias Zebra fish
Ikan zebra, image:pixabay.com\Kuznetsov_Peter

Ikan hias air tawar ini cukup unik. Ia memiliki corak warna yang mirip dengan zebra, karena itulah ikan ini dijuluki dengan ikan zebra. Ukurannya kecil dengan panjang tubuh berkisar 3 cm hingga maksimal 7 cm.

Pastikan ketinggian kolam akuarium dilebihkan karena ikan ini cukup mahir melompat. Ikan zebra juga termasuk ikan yang hidup bergerombol. Jadi jika ingin memelihara ikan ini sebaiknya membeli dengan jumlah yang cukup banyak, minimal 5 ekor untuk menghindari stress karena tidak ada gerombolannya.

7. Ikan Komet

Harga berkisar 2 ribu hingga puluhan ribu rupiah.

Ikan hias komet
Ikan komet, image:site\pxhere.com

Ikan komet merupakan salah satu turunan dari ikan mas koki. Termasuk ikan yang sangat populer karena keindahan bentuk tubuh dan warna yang dimilikinya. Bentuknya sangat indah karena memiliki ekor dan sirip yang panjang. Sifatnya yang agak agresif membuat ia tidak mudah diam dan selalu bergerak. Hal ini tentu membuat keindahannya semakin terlihat karena kibasan dan gerak gemulainya tersebut.

Cara perawatan ikan komet tergolong mudah karena memiliki daya tahan hidup yang baik. Kenyataannya juga tidak membutuhkan perawatan yang khusus.

8. Ikan Corydoras

Harganya mulai dari Rp 5 ribuan hingga 100 ribuan.

Ikan Corydoras
image:facebook\aqua-global

Ikan ini cukup banyak diminati oleh para penggemar ikan hias. Corydoras merupakan ikan yang ramah dan suka membentuk kelompok, jadi jika kamu ingin memeliharanya sebaiknya berjumlah minimal 3 ekor dalam satu kolam akuarium.

Sifatnya pendiam namun ramah, bisa hidup berdampingan dengan ikan hias lainnya. Karena itulah Corydoras merupakan ikan hias air tawar yang bisa dicampur dengan ikan jenis lainnya.

Cara perawatannya tergolong mudah karena tidak harus memberi makan setiap hari. Selain dengan pelet, makanan ikan Corydoras adalah lumut dan alga di dasar akuarium.

9. Ikan Platy

Harganya mulai dari Rp 500 sampai puluhan ribu.

Ikan Hias Platy
Ikan Platy, image:instagram\ts_aquarium

Platy menjadi bagian dari jenis ikan hias yang mudah dipelihara di rumah menggunakan kolam akuarium. Selain karena kecantikan dan keindahannya, memelihara platy juga mudah cara perawatannya.

Ikan platy terbilang cukup populer menjadi incaran para pecinta aquascape. Mempunyai varian yang cukup banyak namun pada dasarnya memiliki ciri-ciri yang sama. Ukuran kecil, yang terbesar hanya bisa mencapai panjang 12 cm. Platy adalah jenis ikan yang ramah, cocok jika mau dicampur dengan ikan hias lain dalam satu kolam akuarium.

10. Ikan Swordtail

Harganya berkisar mulai dari Rp. 5 ribu hingga 100 ribuan.

Ikan hias swordtile
Swordtile fish, image:instagram\andysfishroom

Ikan ini memiliki ekor yang runcing memanjang seperti pedang, karena itulah disebut ikan swordtile. Corak warnanya menunjukkan kecantikan dan keindahan, disisi lain ekornya memberikan nuansa gagah pada ikan hias ini.

Agak mirip dengan ikan guppy dan platy namun memiliki ukuran yan gsedikit lebih besar bisa mencapai panjang 13 cm.

11. Ikan Cichlid

Harga mulai dari 4 ribu hingga 50 ribuan rupiah.

Ikan hias cichlid
Ikan Cichlid, image:instagram\aquamom44

Di Indonesia ikan ini belum sepopuler ikan hias lainnya. Namun beberapa tahun belakangan ini sudah mulai naik daun. Ikan cichlid berasal dari habitat aslinya di perairan air tawar di Afrika. Cichlid memiliki daya tarik yang sangat bagus, dari bentuk tubuh, corak warna dan juga motif pada tubuhnya yang sangat indah.

Cichlid termasuk ikan yang teritorial namun mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi air dan suhu. Ia juga dapat bertahan hidup di lingkungan air yang kadar garamnya tinggi, tingkat oksigen rendah, maupun di sungai yang beraliran deras.


Nah sobat ikan tawar, demikianlah ulasan tentang rekomendasi ikan hias kecil air tawar yang bisa kamu pelihara untuk menambah keindahan kolam akuarium maupun aquascape milikmu. Keterangan harga tercantum tersebut kami rangkum dari berbagai sumber termasuk dari sumber jual beli ikan online.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment