Mengenal Ikan Cupang

Halo sobat ikantawar, ikan cupang atau yang memiliki nama latin Betta sp adalah salah satu jenis ikan air tawar yang biasanya digunakan sebagai ikan hias. disisi lain juga dikenal sebagai ikan yang agresif dan suka menyerang sehingga banyak anak anak yang memeliharanya sebagai ikan aduan atau petarung.

Ikan cupang merupakan ikan yang tersebar di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Brunei, Vietnam, Thailand dan juga Kamboja. Habitat ikan cupang ini banyak ditemukan di rawa-rawa, selokan, danau dan juga sawah.

Meskipun memiliki ukuran kecil, namun memiliki penggemar yang sangatlah banyak. Memiliki bentuk ukik, sirip yang indah dan cantik, gerakan ikan ini sangat tenang sehingga terlihat berwibawa. Karena itulah banyakan orang yang mengoleksinya untuk dijadikan ikan hias ataupun aduan.

Tak terbatas hanya anak kecil saja, namun orang dewasa pung banyak yang menjadi penggemar ikan cupang.

Ikan cupang secara garis besar dikategorikan dalam 3 jenis, yakni cupang hias, cupang aduan dan cupang liar. Disisi lain, jika didasarkan pada caranya berkembang biak, ikan cupang juga dikategorikan menjadi beberapa jenis lainnya.

Betta fish tergolong ikan yang kuat dalam bertahan hidup hingga waktu yang lama. Cupang mampu bertahan hidup hingga 2-3 tahun. Oleh karenanya jika ditempatkan di wadah kecil dengan volume air sedikit tanpa aeratorpun ikan ini masih dapat bertahan hidup.

Baiklah, mari baca dan simak baik-baik ulasan tentang ikan cupang di bawah ini.

Perbedaan Cupang Hias dan Cupang Aduan

Bagi yang tidak paham, sepintas saja akan sangat sulit membedakan antara ikan cupang hias dan aduan.

Lalu bagaimana cara untuk membedakannya? Berikut ciri-ciri umum untuk dapat membedakan antara ikan cupang hias dan adu.

Ciri-ciri ikan cupang hias

Cupang hias tentu saja akan dilihat dari estetika atau keindahan betnuknya. Yap, bentuk, sirip, warna dan gerak.

Cupang hias kebanyakan diambil dari spesies Betta splendens. Beberapa yang sering dilombakan antara lain, bulan separuh (halfmoon), serit (crown tail), laga (plakat), cagak (double tail) dan giant.

  • Memiliki struktur tulang sirip dan ekor dengan bentuk yang khas. Secara gampangnya, sirip dan ekornya menjumbai panjang. Saat melihat musuh atau saat bercumbu, sirip dan ekornya terkembang sempurna.
  • Memiliki warna tubuh yang terang dan tidak kusam.
  • Varian warnanya menarik dan atraktif.
  • Gerakkannya tenang dan berwibawa, kibasan-kibasan siripnya sangat anggun.

Ciri-ciri ikan cupang adu

Bagaimana ciri ciri cupang yang tangguh untuk ikan aduan?

  • Bentuk tubuhnya terlihat gagah dan kokoh.
  • Lebar dan tingginya dari leher hingga ekor memiliki ukuran dan ketebalan yang sama. Hanya di ujung ekornya saja yang terlihat sedikit mengecil.
  • Gerakannya terlihat agresif.
  • Saat melihat musuh, sirip-siripnya akan mengembang penuh. Ini menunjukkan sebuah mental yang bagus untuk bertarung.
  • Memiliki bentuk bibir yang tebal. Mulutnya terkatup rapat dan tidak menganga. Dilihat dari atas akan terlihat bintik-bintik gigi yang runcing pada bibir bagian bawah.

Gimana sobat ikantawar? bagi pemula memang agak sulit sampai benar benar paham dapat membedakannya. Butuh banyak belajar dan terbiasa bercengkrama dengan dunia hobi ikan cupang.

Kalau serius mau belajar, sudah banyak komunitas komunitas betta fish ini kok. Banyak juga yang sudah memulai budidaya ikan cupang. Jadi, kita bisa pilih mau join komunitas yang mana dan tidak perlu merasa sulit atau minder untuk memulai belajar.

Eh, lanjut ke pembahasan berikutnya yuk…


Ikan Cupang Hias

Sebenarnya ada banyak jenis jenis ikan cupang hias yang ada di dunia ini. Namun di pasar Indonesia setidaknya ada 5 jenis betta fish hias yang umum dikenal.

1. Halfmoon

Cupang Halfmoon
Candy Halfmoon Betta Fish, image:facebook\@Rob’s Aquarium

Kenis cupang hias yang pertama Halfmoon. Cupang ini memiliki sirip dan ekor yang lebar simetris, bisa dibilang membentuk setengah lingkaran sempurna menyerupai setengah bulan. Karena itulah cupang jenis ini dijuluki dengan ikan cupang halfmoon.

Unik, indah, cantik, anggun dan elegan. Sudah mewakili semua nilai mengapa jenis cupang halfmoon digolongkan ke dalam ikan cupang hias.

2. Crowntail

Crowntail Betta Fish
Crowntail Betta Fish, Image:facebook\@Brian Nguyen

Sobat ikantawar, ikan cupang jenis ini dikenal juga dengan sebutan lain yakni cupang serit. Disebut dengan nama crown tail atau bahasa indonesianya adalah ekor mahkota karena jika dibalik menghadap ke atas maka serit-serit pada ekor cupang akan terlihat seperti mahkota raja.

FYI, kita patut berbangga karena ternyata ikan cupang serit ini dilahirkan oleh para breeder dari lokal yakni dari daerah Slipi, Jakarta.

Ikan hias jenis crowntail ini mulai tenar mendunia setelah masuk dalam lomba kelas internasional yakni International Betta Congress. Jadi sudah tidak diragukan lagi pengakuan kelas dunia atas keindahan cupang crowntail ini.

3. Double Tail

Cupang double tail
colorful double tail betta fish, image:facebook\@Betta Fish

Jenis cupang selanjutnya adalah double tail. Mengapa disebut double tile? ya seperti namanya, karena ekornya dobel seperti terbelah dua. Mirip dengan halfmoon namun pada ekornya terbelah menjadi dua.

Cupang double tail tergolong cupang yang sulit dikembangkan. Namun demikian sobat ikantawar tak perlu khawatir karena cupang jenis double tail ini masih cukup mudah dijumpai di pasaran Indonesia.

4. Plakat Halfmoon

Cupang Plakat Halfmoon
Multicolour Halfmoon Plakat, image:facebook\@Edmund Aquatics

Jenis ikan cupang ini merupakan perkawinan silang dari cupang perkawinan silang jenis plakat dan jenis halfmoon. Plakat diambil dari bahasa thailand yang berarti tarung atau laga, sedangkan halfmoon adalah jenis ikan hias yang telah disebutkan di poin nomer 1 di atas.

Jadi, cupang jenis ini memiliki bentuk yang terkesan gagah yang didapat dari jenis plakat. Dan terlihat indah nan cantik yang didapat dari jenis cupang halfmoon.

5. Slayer

Betta fish Slayer
Betta fish Slayer, image:facebook\@Afrizal Ijan

Cupang slayer merupakan ikan cupang hasil kawin silang dari jenis crowntail dan halfmoon. Jadi wajar saja jika cupang slayer dibilang mirip dengan mirip dengan halfmoon. Sirip dan ekornya sedikit bergelombang, boleh dibilang mirip layar sebuah kapal.

Cupang jenis ini mudah ditemukan dan sempat tenar juga dikalangan anak kecil sayangnya bukan sebagai cupang hias namun mereka membeli karena untuk difungsikan sebagai cupang aduan. Padahal jenis ini kan termasuk golongan ikan cupang hias. Namanya juga anak anak, bebas saja lah ya. hee

Ikan Cupang Aduan

Kontes cupang aduan banyak digelar di wilayah Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Cupang aduan biasanya berasal dari spesies Betta imbellisBetta splendensBetta mahachai dan juga keturunan dari hasil silangan-silangannya.

1. Plakat

Cupang Plakat
Cupang Plakat, image:facebook\@Betta Dewa

Mengapa dinamakan plakat? sudah sedikit diulas diatas ya, bahwa plakat berasal dari bahasa Thailand yang berarti tarung. Dari namanya saja sudah terlihat kan. Cupang ini memiliki gerak yang gesit dan terlihat sangar. Mental petarungnya jelas terlihat.

Memiliki bentuk sirip yang lurus dan bentuk yang kekar. Warnanyapun tidak pucat seperti kebanyakan ikan cupang adu lainnya.

Dilihat dari segi estetika yang juga memiliki keindahan, cupang plakat ini juga bisa untuk dijadikan ikan hias.

2. Giant

Giant Betta Fish
Samurai Giant Betta Fish, image:facebook\@The Fishmonger

Lagi lagi dari namanya saja sudah terlihat. Cupang giant memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan yang lainnya, yakni memiliki ukuran bisa mencapai panjang 12cm. Cupang giant juga memiliki kemampuan gerak yang sangat agresif sehingga cocok untuk dijadikan sebagai ikan aduan.

Namun demikian, karena bentuknya yang gagah dan juga memiliki corak warna yang indah cupang giant dapat dijadikan sebagai ikan hias.

Harga Ikan Cupang

Lagi nyari nyari referensi berapa si harga ikan cupang di pasaran? nah berikut ini kami informasikan beberapa harga ikan cupang yang beredar di pasaran.

Harga Ikan Cupang Hias

Di pasaran harga ikan cupang tentu sangat berfariasi, namun berikut ini adalah kisaran harga yang dapat menjadi patokan.

JenisHarga
Ikan Cupang HalfmoonRp 50.000 – 500.000
Ikan Cupang CrowntailRp 60.000 – 300.000
Ikan Cupang SlayerRp 60.000 – 300.000
Ikan Cupang Double TailRp 100.000 an
Ikan Cupang Plakat HalfmoonRp 180.000 an

Harga Ikan Cupang Aduan

Jenis Ikan CupangHarga
PlakatRp 180.000 an
GiantRp 35.000 – 60.000

Nah sobat ikantawar, demikianlah rangkuman/ ulasan tentang ikan cupang yang akhir akhir ini sedang naik daun. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat.

Dukung kami agar tetap eksis ngeBlog dengan berkomentar!

4 Comments

  1. Informasinya sangat lengkap,tentang Mengenal Ikan Cupang

  2. […] jenis ikan cupang berikut ini adalah jenis ikan cupang koi yang digemari di Indonesia. Yuk simak sampai […]

  3. Sangat bermanfaat, minta tips dong untuk cara ternaknya

  4. […] yang tergolong mudah dipelihara. Namun, bukan berarti bisa dibiarkan begitu saja. Jika cara merawat ikan cupang yang dipraktekkan salah tentu berisiko sekali akan membuat sirip maupun ekornya robek. Kalau sudah […]

Leave a Reply