Ikan Cupang Koi

Cupang Koi mulai tenar dan digemari pada tahun 2017 setelah ikan cupang fancy. Apa yang membuatnya menjadi digemari? Jelas karena cupang koi memiliki warna tubuh seperti koi sehingga membuatnya laku keras di pasaran.

Cupang koi memang memiliki corak warna yang bisa dibilang mirip dengan ikan koi asli. Penggemar cupang koi ini pada umumnya adalah orang dewasa yang senang dengan ikan hias.

Perawatan cupang koi juga cukup mudah. Sama dengan perawatan jenis ikan cupang lainnya. Cupang koi dapat dipelihara cukup dengan memberikan makan secara rutin, mengganti air secara rutin juga minimal setiap 10 hari sekali. Akuarium atau botol kaca yang tidak menggunaan aeratorpun sudah cukup untuk memelihara, hal ini karena ikan cupang tidak membutuhkan oksigen terlarut di dalam lingkungan tempat hidupnya.

Jenis-Jenis Ikan Cupang Koi

Beberapa jenis ikan cupang berikut ini adalah jenis ikan cupang koi yang digemari di Indonesia. Yuk simak sampai akhir!

1. Cupang Plakat Koi

Cupang Plakat Koi
Cupang Plakat Koi, image:instagram\@ ratz_bettakoimulticolor

Cupang plakat koi mempunyai bentuk sirip punggung dan juga ekor yang tidak terlalu besar, sama halnya dengan cupang plakat pada umunya. Namun, Ciri khas dari cupang plakat koi adalah memiliki perpaduan warna yang cantik. seekor cupang plakat koi dapat memiliki hingga 10 jenis warna yang berbeda.

2. Cupang Giant Koi

Cupang Giant Koi
Cupang Giant Koi, Image:instagram\@ cupanggiantmurahjakarta

Cupang giant koi merupakan hasil menyilangkan antara ikan cupang giant dan ikan cupang koi. Ukuran ikan cupang giant koi sama halnya dengan cupang giant pada umumnya yakni bisa mencapai 7-12 cm.

3. Cupang Fancy Koi

Fancy Koi
Fancy Blue White Koi Premium HMPK

Cupang fancy koi hampir sama dengan cupang plakat koi. Lalu bedanya dimana? bedanya ada pada perpaduan corak warnanya. Cupang fancy koi memiliki warna yang cenderung lebih dominan pada satu warna, dan perpaduan warna yang tidak terlalu banyak.

4. Cupang Halfmoon Koi

Halfmoon Koi Galaxy Nemo
Halfmoon Koi Galaxy Nemo, image:instagram\@ topbettagallery

Cupang halfmoon koi sama dengan cupang halfmoon pada umumnya, jenis ikan cupang ini memiliki ukuran sirip dan ekor yang besar, rapih dan mirip seperti setengah bulan. Cupang halfmoon koi menjadi salah satu jenis ikan cupang koi yang termahal diantara yang lainnya.

Harga Ikan Cupang Koi

Tertarik untuk mengoleksi ikan cupang koi seperti di atas? cocok sekali sebagai ikan hias untuk mengisi akarium di rumah.

Mau tau kisaran harganya berapa di pasaran? berikut tabel harga ikan cupang koi.

NoJenis Cupang KoiHarga
1Cupang giant koiRp 150.000
2Cupang Plakat Koi DewasaRp 100.000
3Cupang Halfmoon KoiRp 100.000
4Cupang Fancy KoiRp 71.000
5Cupang Koi nemoRp 80.000
6Cupang Koi AvatarRp 100.000
7Cupang Koi GalaxyRp 85.000

Harga tersebut tentu sangat mungkin bisa berubah ubah sesuai dengan kondisi pasar. Hal itu tentu dipengaruhi dengan permintaan pasar baik di dalam negeri maupun luar negeri yang bisa meningkat ataupun turun.

Demikian ulasan mengenai ikan cupang koi. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi informasi bagi kamu yang sedang mencari tau tentang ikan cupang jenis jenis dan harga ikan cupang koi.

Leave a Reply