Gurame Bastar

Ada beberapa jenis gurame yang dikenal di masyarakat. Salah satu diantaranya adalah gurame bastar. Mau tau lebih jauh tentang ikan ini? yuk baca sampai akhir.

Siapa si yang tidak pernah dengar kata gurame. Ikan ini sudah sangat populer memiliki rasa yang lezat. Disamping itu kandungan yang dimilikinya memberikan manfaat yang sangat banyak dan baik bagi tubuh orang yang mengkonsumsinya.

Apakah kamu tau jenis ikan gurame apa yang biasanya kamu konsumsi? Bagi orang awam yang hanya suka mengkonsumsinya tentu tidak begitu memperhatikan ya. Namun di kalangan pembudidaya ikan gurame tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis gurame yang satu ini.

Ikan gurame bastar dikenal sebagai salah satu jenis gurame pilihan karena keunggulannya yang dapat menghasilkan ikan besar dengan ukuran berat hingga 3kg. Tentu memiliki daging yang lebih banyak dibandingkan yang lainnya.

Ciri-ciri gurame bastar

Jenis gurame ini memiliki ciri-ciri warna tubuhnya yang terlihat hitam agak keabuan dengan kepala berwarna lebih putih. Pada bagian dahi kepala tidak begitu menonjol, dan ukuran sisik agak besar.

Di kalangan petani ikan, budidaya gurame bastar juga disukai karena pertumbuhannya yang lebih cepat dan juga memiliki daya tahan tubuh yang bagus. Sehingga ikan ini lebih dirasa menguntungkan untuk setidaknya memelihara dalam 1 tahun hingga mendapatkan hasil panen yang bagus.

Bibit gurame bastar

Dalam usah untuk mengembang biakannya, ika ini tergolong mudah untuk di kembangbiakkan. Namun, induk gurame bastar hanya bisa menghasilkan bibit gurame sekitar 2.000 – 3.000 telur per ekor dalam satu kali pemijahan. Ini menjadi hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin memiliki usaha pembesaran gurame bastar mengingat pembibitannya yang tidak bisa banyak seperti ikan jenis lainnya.

Harga bibit ikan gurami bastar di pasaran berkisar Rp. 800 – 1000 / ekor.


Nah, demikianlah ulasan mengenai jenis ikan gurame yang bernama gurame bastar. Semoga bisa menambah manfaat dan wawasan bagi pembaca yang budiman.

Salam ikan

Leave a Comment