Begini Cara Merawat Ikan Cupang Yang Benar

Pasti tau kan ikan cupang? Ikan kecil yang cantik ini belakangan sedang naik daun karena banyak digemari. Budidaya ikan cupang hias maupun cupang aduan tengah menjadi tren. Permintaan pasar akan ikan cupang meningkat tajam di masa pandemi c-19 yang hingga kini belum selesai.

Ikan cupang merupakan ikan yang tergolong mudah dipelihara. Namun, bukan berarti bisa dibiarkan begitu saja. Jika cara merawat ikan cupang yang dipraktekkan salah tentu berisiko sekali akan membuat sirip maupun ekornya robek. Kalau sudah robek kasian dong ikan cupangya, disisi lain nilai estetika dan harganya tentu akan menurun.

Sudahkah kamu tau bagaimana cara merawat ikan cupang yang baik dan benar?

Bagi kamu yang masih pemula, tentu harus belajar agar ikan cupang peliharaanmu tetap sehat dan juga cantik.

Kali ini tim ikantawar akan merangkum tentang cara merawat ikan cupang agar ikan cupang yang kamu pelihara tetap sehat dan terjaga keindahan bentuknya.

Cara Merawat Ikan Cupang Hias

Dikalangan penghobi ikan tentu sudah tenar bahwa ikan cupang termasuk dalam jenis ikan hias. Selain mudah dipelihara, ikan cupang termasuk dalam ikan yang dapat bertahan hidup dalam waktu lama.

Berikut ini cara merawat ikan cupang yang benar agar tetap sehat dan tidak mudah mati maupun rusak keindahan tubuhnya.

betta fish aquarium
image:pixabay.com

1. Pilih Ukuran Wadah yang Benar dan Pas

Mau pelihara ikan cupang tentu harus punya wadahnya. Seperti yang sudah diketahui bahwa ikan cupang termasuk ikan yang mudah dan bandel dalam bertahan hidup. Mau dipelihara dalam wadah ukuran berapapun boleh boleh saja, kamu bisa gunakan toples, fas bunga, gelas atau aquarium. Namun demikian, sebaiknya gunakan wadah yang berukuran tidak terlalu besar yakni panjang tinggi lebarnya sekitar 20cm.

2. Perhatian Airnya

Cara merawat cupang berikutnya yakni dengan memperhatikan air yang digunakan. Kamu harus rutin mengganti air setidaknya sepuluh hari sekali. Meskipun ikan cupang adalah ikan yang bandel dalam bertahan hidup, namun kamu juga harus diperhatikan kandungan air yang baik untuk ikan cupang.

betta fish red
image:pixabay.com

Ikan cupang dapat hidup dengan baik dalam air yang memiliki kadar pH аntаrа 6,5–7,2. Para pembudidaya ikan cupang pasti menggunakan air dengan kadar pH tersebut untuk menernaknya.

Bagaimana cara mengecek kadar pH air? Kamu bisa menggunakan alat digital pH mater.

Jika kadar airnya tidak pas bagaimana? Ada cara untuk mengubah kadar pH air agar pas bagi kehidupan cupang. Untuk mengubah pH agar menurun kadar keasamannya (menaikan pH) maka dapat menggunakan kapur bordo sebanyak 2 cc per liter. Sedangkan untuk menaikan keasaman bisa menggunakan daun ketapang yang direndam dalam air.

3. Makanan untuk Ikan Cupang

Memberi makan tentu tidak boleh terlewatkan ya, ini kan sudah menjadi kebutuhan hidup bagi makhluk hidup. Kalau tidak makan ya mati lah.

Seberapa sering memberi makan ikan cupang?

Memberi makan merupakan hal yang sangat penting, namun jangan sesuka hati juga terlalu sering diberi makan. Ikan cupang dewasa hanya perlu diberi makan sekali dalam sehari, sementara untuk yang lebih muda bisa diberi makan dua kali sehari. Untuk banyaknya makanan yang diberikan kira-kira yang bisa dihabiskan dalam waktu 2 atau 3 menit.

Makanan apa yang baik untuk ikan cupang?

Pelet adalah makanan yang paling mudah dan instan bisa kamu dapatkan. Namun demikian akan lebih baik jika kamu juga memberikan beberapa makanan berikut ini yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan ikan cupang.

  • Kutu Air, dapat menjadikan warna lebih cerah dan badannya tidak buncit
  • Udang, dapat membuat warna ikan cupang menjadi lebih cerah dan tajam
  • Tanaman Spirulina, mempunyai kandungan gizi yang baik, seimbang dan lengkap
  • Daun Katapang, vitamin agar ikan cupang lebih segar
  • Daun Jati, dapat menjadikan ekor yang bagus dan cantik

4. Bersihkan Wadah dengan Rutin

Pada saat mengganti air secara rutin, kamu juga harus membersihkan wadahnya. Mengapa harus dibersihkan? karena wadah yang kotor dapat meningkatkan risiko kematian ikan cupang. Wadah yang bersih tentu membuat ikan cupang lebih sehat. Jadi jangan sampai lupa untuk rutin mengganti air dan membersihkan wadahnya.

5. Menjemur Ikan Cupang

Menjemur ikan cupang bertujuan agar ikan lebih segar. Disisi lain, sinar matahari juga dapat membunuh bakteri serta jamur yang biasa ada di akuarium. Aktivitas menjemur ikan cupang ini dapat dilakukan sekali saja, yakni pada pukul 8-10 pagi selama 15 sampai 30 menit.

Kecuali untuk ikan cupang yang berwarna hitam dominan, sebaiknya tidak usah dijemur karena dapat membuatnya panik. Nah, jika ikan cupang yang kamu jemur terlihat merasa panik maka sebaiknya cepat pindahkan saja ke tempat yang teduh sampai terlihat merasa nyaman kembali.

Cara Merawat Ikan Cupang Aduan

cupang aduan plakat
image:pixabay.com

Bukan hanya sebagai ikan hias saja, ikan cupang sudah dulu lebih terkenal sebagai ikan aduan. Banyak diadakan event kompetisi adu ikan cupang yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Bagaimana cara merawat ikan cupang agar menjadi petarung yang handal?

Berikut ini tips dan cara merawat ikan cupang untuk meningkatkan fisik dan mental petarung agar lebih hebat untuk dapat memenangkan kejuaraan.

1. Memilih Jenis Ikan Cupang yang Kuat

Jika mau memelihara ikan cupang aduan sebaiknya kamu harus tau betul jenis yang kuat untuk menjadi petarung. Ketahui ciri-ciri ikan cupang aduan agar kamu tidak salah memilih. Salah satu yang paling mudah diamati ialah dari bentuk tubuhnya yang terlihat gagah dan kokoh. Hal ini sangat menentukan kekuatan dan mental tarung cupang setelah kamu rawat.

2. Latihan Dengan Melawan Arus

Latihan melawan arus merupakan teknik agar fisik ikan cupang menjadi lebih bagus. Kamu bisa lakukan dengan cara membuat pusaran air di dalam wadah yang berbentuk lingkaran. Latihlah ikan cupang secara rutin sampai terlihat ia menjadi lebih kuat.

3. Latih Pernafasan dan Stimulasi Bertarung

Cera berikutnya ialah melatih pernafasan ikan cupang, oleh penggemar cupang aduan lebih dikenal dengan istilah jantur.

Bagaimana cara melakukannya?

Kamu perlu sebuah toples atau wadah bening yang tingginya kurang lebih 1 meter dan panjangnya sekitar 10 cm. Isi dengan air bersih penuh dan beberapa benda yang berwarna hitam. Masukkan cupang ke dalam dalam wadah selama 2-3 hari setiap seminggunya agar.

4. Latihan Pernafasan dengan Air dalam Piring

Cara lain untuk latihan pernafasan ialah menggunakan air dalam piring. Latihan ini berfungsi agar pernafasan menjadi lebih kuat dan membentuk otot. Cukup dilakukan sekali saja 2-3 hari sebelum melakukan bertanding. Sesudahnya kamu bisa masukkan kembali ke dalam wadah bening yang berisi air bersih.

Selain empat hal tersebut kamu bisa lakukan perawatan layaknya merawat ikan cupang hias. Demikianlah rangkuman tentang cara merawat ikan cupang yang benar bagi pemula.

Semoga bermanfaat.

One comment

  1. Kalau saya lebih suka merawat ikan mujair, langsung bisa ditangkap dan digoreng hehehe😂😂😂

Leave a Reply