Apa Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar dan Berwarna Cerah?

Sudah tahukah kamu apa makanan ikan koi agar cepat besar dan berwarna cerah? Bagi para penghobi ikan koi yang berpengalaman tentu sudah paham dengan pakan koi terbaik untuk membuat ikan cepat tumbuh besar. Koi cepat mengalami pertumbuhan namun dan memiliki warna yang cerah dan indah.

Namun bagi pemula atau orang awam yang hanya memelihara ikan koi sebagai aktivitas biasa untuk mengisi waktu luang tentu harus belajar lebih dalam tentang ikan koi. Baik itu dari segi makanan, kebiasaannya, hingga air kolam ikan koi yang baik.

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi mengenai makanan apa saja yang baik untuk mempercepat pertumbuhan koi. Disisi lain juga agar memunculkan warna cerah pada ikan koi sehingga terlihat lebih indah.

Sebelum lebih jauh membahas daftar pakan koi terbaik yang bisa kita berikan sebaiknya kita juga harus tahu ikan koi ini termasuk ke dalam jenis hewan apa.

Ikan koi termasuk jenis ikan hias omnivora, yakni jenis hewan pemakan segala. Jadi, koi bisa memakan makanan kecil apapun seperti pelet, tumbuhan, ikan kecil, belalang, hingga remahan roti.

Pakan Koi Terbaik

Pakan ikan koi secara garis besar dapat digolongkan menjadi dua yakni pakan alami dan buatan.

Makanan alami yang disukai koi dapat berupa udang, cacing dan tumbuhan alga. Ulat juga bisa menjadi makanan alami sebagai sumber protein yang baik bagi koi.

Sementara untuk pakan buatan berupa pelet ikan koi yang sudah sangat mudah bisa didapatkan di pasar ataupun marketplace. Sekarang ini sudah sangat mudah mencari dan membandingkan merek-merek pelet ikan koi murah dan berprotein tinggi.

Oke, mari kita bahas per topiknya.

Pelet Koi Terbaik, Pakan Koi Buatan

Sudah pernah mendengar istilah pelet sinkang dan pelet floating. Yap, jenis pelet untuk koi umumnya dikategorikan jadi dua jenis tersebut. Pelet sinking atau pelet tenggelam dan pelet floating atau mengambang.

Pelet floating biasanya diberikan untuk pakan ankan ikan koi, biarpun namanya pelet mengapung namun lama-lama juga akan tetap tenggelam. Mengapa demikian? hal ini dimaksudkan agar anakan ikan koi dapat menjangkau makanan dengan mudah sesuai pergerakan dan kedalaman usia anakan koi.

Beberapa pakan koi lokal terbaik yang umum digunakan adalah:

Sankoi, breeder pro, cp koi, super save, hokky & kinkoi dan lain lain

Sedangkan pakan koi import:

Premium Koi Food Hiro, Nozomi, mizuho, hikari, konishi, kenkokanri, saki hikari, CKK, FD, yamato, evolution, shori, fujizakura, fuyufuji, daiici, sugiyama, aquamaster, LC dan lain-lain.

Makanan Alami Ikan Koi, Bisa Membuat Sendiri

Untuk membuat koi sendiri harus diperhatikan beberapa kandungan agar makanan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi bagi ikan. Yakni berupa protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral.

Nah berikut ini adalah cara membuat pakan koi berkualitas agar cepat besar;

Bahan-bahan:

  • udang
  • telur
  • bawang putih
  • serbuk agar-agar
  • vitamin c
  • air

Cara:

  • Campur bahan bawang putih, telur dan udang.
  • Giling dengan blender atau tumbuk hingga halus
  • Tambahkan dan campurkan sedikit air ke dalamnya, aduk rata
  • Masukkan adonan tersebut ke dalam air panas dan tambahkan agar-agar membuat aroma yang menarik minat makan koi
  • Dinginkan
  • Setelah dingin, dipotong kecil-kecil agar mudah dimakan oleh koi

Makanan Alami Ikan Koi Agar Cepat Besar

Selain pakan pelet dan pakan alami buatan sendiri seperti di atas, berikut ini beberapa makanan alami yang bisa diberikan agar pertumbuhan ikan koi menjadi lebih cepat besar.

Pakan yang berupa hewan: Cacing tanah atau cacing sutera, bekicot, udang, salmon, kutu air, jentik nyamuk, magot, jangkrik, dan lainnya

Pakan koi dari tumbuhan: Ganggang, bayam, kangkung, kedelai, selada air, kubis, tomat, wortel, sawi dan lainnya.

Makanan alami untuk mempertegas warna koi

Ingin ikan koi yang anda pelihara memiliki warna yang cerah dan lebih tegas? jawabannya adalah pemberian makanan yang kaya akan kandungan karotin. Seperti; tomat, wortel, kubis, ganggang, cacing dan juga kepiting.

Kesalahan yang sering dilakukan dalam memberikan makan ikan koi

Pemberian makan jika tidak dilakukan dengan benar dan baik tentu akan memberikan resiko bagi ikan. Resiko terkecil hingga terbesar yakni menimbulkan kematian pada ikan.

Kesalahan yang umumnya dilakukan karena tidak diperhatikan adalah:

1. Pemberian makan yang terlalu banyak

Jumlah pakan ikan koi ideal untuk anakan adalah 5% dari berat tubuhnya. Sedangkan untuk yang dewasa adalah 2% dari berat tubuhnya.

2. Sering mengganti merek pakan dan secara tiba-tiba

Hal ini memperngaruhi pertumbuhan ikan yang harus beradaptasi kembali dengan kandungan yang ada pada makanan yang diberikan secara tiba-tiba. Bisa jadi kandungan dalam pakan tersebut membuat tubuh ikan kaget sehingga bias mengalami sakit.

3. Pemberian terlalu banyak suplemen

Segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik, pemberian makan yang berlebihan saja bisa membuat ikan mati apalagi suplemen yang berlebihan.

Catatan Penting!

Pilih pakan koi yang mengandung probiotik, kandungan ini sangat baik dalam meningkatkan daya tahan ikan koi dari penyakit.

Pilih pakan yang mengandung spirulina agar membuat sisik ikan lebih shiny.

Pelet pakan yang mengandung protein cukup untuk membuat kulit ikan menjadi lebih putih. Protein tinggi juga berfungsi merangsang pertumbuhan bentuk bulat memanjang koi.

Berhati-hati dalam memberikan pakan beupa roti. Roti memiliki kandungan karbohidrat yang cukup banyak, dapat menyebabkan kegemukan pada koi.

Leave a Comment