4 Ikan Air Tawar Konsumsi Paling Mahal di Indonesia

Jenis ikan air tawar yang terdapat di Indonesia sangatlah banyak dan beragam jenisnya. Baik itu ikan air tawar hias maupun ikan air tawar untuk kebutuhan konsumsi. Masyarakat kita juga sudah sangat banyak sekali yang melakukan budidaya ikan air tawar. Budidaya ikan air tawar konsumsi tentu menjadi yang paling banyak dilakukan karena sebanding dengan permintaan yang banyak untuk kebutuhan dasar manusia yakni kebutuhan makan.

Ikan air tawar konsumsi, dapat diolah menjadi aneka masakan yang lezat selain untuk menggugah selera, ikan juga merupakan makanan yang memiliki sumber protein dan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Jika melihat kandungan gizinya, sebenarnya ikan laut lebih terkenal memiliki kekayaan gizi yang lebih banyak. Namun, ikan air tawar konsumsi tetap menjadi pilihan populer dibandingkan ikan laut. Hal ini berkaitan juga dengan harganya yang lebih ekonomis serta kandungan gizinya yang juga banyak.

Ikan tawar konsumsi secara umum memang memiliki harga yang lebih ekonomis dibandingkan ikan laut. Tapi disisi lain, ada juga beberapa jenis ikan tawar konsumsi yang memiliki harga cukup mahal.

Apa saja yang termasuk ikan air tawar konsumsi paling mahal di Indonesia?

Kali ini ikantawar.com akan membahas 4 jenis ikan tawar konsumsi yang termahal dengan mencantumkan juga berapa harga ikan air tawar konsumsi.

1. Ikan Gabus

Foto Ikan Gabus
Ikan Gabus

Ikan Gabus biasa ditemukan di perairan tawar seperti danau, sungai, rawa-rawa, sawah, hingga saluran air dekat rumah. Ikan ini dikenal juga dengan banyak nama yang berbeda-beda di berbagai wilayah di Indonesia, seperti kutuk (Jawa), licingan (Banyumas), bogo (Sunda), kocolan (Betawi), bocek (Riau), haruan (Samarinda), bogo, bayong, kabos (Minahasa), dan lainnya.

Makanan ikan gabus pada umumnya adalah serangga, berudu, katak, hingga ikan kecil. Oleh karena itu, jika berada di dalam kolam budidaya ikan sering dianggap sebagai ikan hama.

Berapa harga ikan gabus di pasaran?

Merangkum dari berbagai sumber, termasuk situs/ forum jual beli online. Harga ikan gabus per ekor mencapai Rp. 30.000. Dan harga ikan gabus per kg mencapai Rp70.000 – Rp 170.000.

Tips bagi yang hendak membeli ikan gabus. jangan membeli ikan gabus pada saat musim penghujan. Sebab harga ikan gabus ini tergantung pada musim / cuaca. Di musim penghujan cenderung akan lebih mahal harganya.

2. Ikan Betutu

Gambar Ikan Betutu
Ikan Betutu

Ikan betutu (Oxyeleotris Marmorata), mempunyai kemiripan dengan ikan gabus. Oleh sebab itu banyak orang yang menyebutnya ikan gabus malas. Ikan ini memiliki banyak sebutan lainnya seperti bakutut, bakut, belosoh, dan juga ikan hantu karena bentuknya yang agak menyeramkan.

Namun demikian, ikan betutu juga memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh manusia. Ikan betutu tergolong sulit untuk dibudidayakan, sehingga termasuk kedalam ikan air tawar yang tidak terlalu mudah untuk ditemukan di pasar. Hal ini menjadikan nilai jual yang sebanding dengan permintaan, sehingga ikan betutu memiliki nilai jual yang cukup mahal.

Harga ikan betutu per kg berkisar pada 120.000-180.000 ribu rupiah.

3. Ikan Sidat

Gambar Ikan Sidat
Ikan Sidat

Ikan sidat (Anguilla Marmorata), mirip dengan belut tapi sebenarnya keduanya berbeda. Perbedaannya terletak pada tubuhnya, ikan sidat memiliki bentuk tubuh yang lebih gempal. Ikan sidat memiliki kandungan vitamin yang sangat tinggi, sudah pasti sangat baik untuk tubuh.

Ikan sidat di Nusantara memang belum terlalu ramai digemari seperti ikan tawar konsumsi lainnya, namun justru di luar negeri ikan ini sangat disukai seperti di Jepang misalnya. Harga ikan sidat per kg tergolong mahal.

Harga ikan sidat bisa mencapai 100 – 200 ribu/ kg. Sedangkan untuk harga jual expor ikan sidat bisa mencapai jutaan per kg.

4. Ikan Pedih

Gambar Ikan Pedih
Ikan Pedih

Ikan pedih merupakan ikan air tawar yang habitat aslinya berasal dari Aceh Tengah. Ikan pedih memiliki banyak sebutan lain seperti ikan batak (Danau Toba Sumatra Utara), ikan semah (Sumatra Selatan), ikan larangan (Sumatra Barat), ikan dewa atau keramat (Kuningan dan Semedang), ikan kerling, ikan kebaro, dan ikan gegaring.

Sesuai dengan arti namanya yakni ikan yang sebenarnya atau raja dari para ikan. Konon, dulu hanya raja yang memiliki pangkat di masyarakat saja yang boleh mengkonsumsi ikan ini. Karena itulah ikan pedih ini digunakan sebagai lambang kesejahteraan masyarakat Aceh Tengah.

Habitat asli ikan ini adalah di hulu sungai yang jernih dengan arus deras. Sayangnya populasi ikan ini menurun dari tahun ke tahun sehingga termasuk ikan yang jarang ditemui di pasar. Harga ikan pedih per kg mencapai Rp 300 – 600 ribu/kg.


Demikianlah pembahasan dan rangkuman mengenai 4 ikan air tawar konsumsi yang paling mahal di Indonesia. Daftar harga tersebut sewaktu-waktu bisa saja berubah sesuai dengan kondisi harga yang fluktuatif di pasaran.

Jika kamu memiliki informasi ikan tawar konsumsi lainnya yang tergolong memiliki harga yang mahal, kamu bisa bantu kami dengan berkomentar di bawah.

Terima kasih.

5 Comments

  1. Ikan gabus sekarang harganya emang luar biasa.
    Dulu.
    Sebelum ada pengembangan pemukiman, ikan gabus sangat mudah di dapat. Kadang hampir seminggu sekali makan ikan gabus. Itu pun hasil dari mancing atau menangkap di rawa.

  2. WOw, baru tau kalo ikan ikan itu lumayan mahal harganya. Thanks infonya gan.

  3. Nak enak, saya suka ikan air tawar yang digoreng kering.

  4. Ikan sidat saya sering dapat saat mancing di sungai. Enak loh dagingnya empuk

Leave a Reply